Alat Musik Tradisional Batak

3 min read

alat musik tradisional batak

Alat musik tradisional Batak, terdiri dari:

  1. Doal
  2. Garantung
  3. Gondang
  4. Hesek
  5. Ihutan
  6. Odap
  7. Oloan
  8. Panggora
  9. Sarune Bolon
  10. Sarune Bulu
  11. Sulim
  12. Taganing

Meskipun ada beberapa kebudayaan yang agak menyeramkan dari suku ini, ternyata banyak juga sisi positif yang mungkin belum kita kenal dari suku Batak.

Daftar Alat Musik Tradisional Batak

Ada banyak tradisi dan kesenian dari Suku Batak yang dapat kita pelajari terutama dalam mengenal alat musik tradisional Batak toba, berikut gambar dan penjelasannya:

1. Doal

alat musik batak - doal

Doal dimainkan dengan cara dipukul

Doal adalah sejenis ogung / gong yang menghasilkan nada rendah, ogung menghasilkan suara yang ritmenya konstan dan dapat diikuti dengan gong atau alat musik lainnya.

nis ogung / gong yang menghasilkan nada rendah, ogung menghasilkan suara yang ritmenya konstan dan dapat diikuti dengan gong atau alat musik lainnya.

Alat musik tradisional Batak ini memiliki peran sebagai penghias variasi bunyi. Doal digunakan untuk membantu pemain ogung lainnya dengan menjadi “acuan” yang mereka ikuti.


2. Garantung

alat musik batak - garantung

Garantung dimainkan dengan cara dipukul

Garantung Batak biasanya memiliki 7 buah wilahan yang digantung di atas resonatornya. Nama alat musik tradisional Batak ini cukup sering kita dengar jika berkunjung ke sana.

Garantung dipukul dengan menggunakan 2 buah stik pemukul. Masing-masing tangan memegang 1 buah. Teknik memainkannya berbeda-beda tergantung dari si pemain.

Umumnya Garantung dimainkan dengan menggunakan tangan kiri sebagai pembawa ritme. Garantung juga masih termasuk kategori instrumen musik xylophone.


3. Gondang

alat musik batak - gondang

Gondang dimainkan dengan cara dipukul

Gondan berupa sebuah gendang yang memiliki ukuran lebih besar dari Taganing (alat musik Batak lain yang berisi 5 buah gendang).

Gondang berperan sebagai pembawa ritme dalam sebuah ansambel musik. Gondang biasanya dimanfaatkan sebagai “bass” dalam ensambel musik tersebut.


4. Hesek

alat musik batak - hesek

Hesek dimainkan dengan cara dipukul

Alat musik tradisional suku Batak selanjutnya adalah Hesek. Hesek merupakan alat musik yang digunakan sebagai instrumen penentu tempo (sebagai ketukan dasar). Hesek terbuat dari pecahan logam besi.

Hesek menghasilkan suara dari aduan pecahan logam yang dipukul tadi, oleh karena itu Hesek termasuk alat musik idiophone.


5. Ihutan

alat musik batak - ihutan

Ihutan dimainkan dengan cara dipukul

Ogung ihutan memiliki tugas sebagai pengiring nada dari ogung oloan, Ihutan memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan ogung tersebut. Ukuran ogung bervariasi tergantung dari fungsi & penggunaannya.


6. Odap

alat musik batak - odap

Odap dimainkan dengan cara dipukul

Odap termasuk jenis instrumen musik membranofon. Odap merupakan sebuah gendang yang memiliki dua sisi yang berperan sebagai pembawa ritme, odap biasanya digunakan untuk memainkan lagu-lagu tertentu dalam Gondang Sabangungan atau ketika pawai.


7. Oloan

alat musik batak - oloan

Oloan dimainkan dengan cara dipukul

Oloan merupakan salah satu alat musik tradisional suku Batak jenis ogung. Alat musik tradisional Oloan dimainkan dengan cara dipukul pada bagian tengahnya.

Biasanya, oloan digunakan bersamaan dengan ogung lainnya di dalam ansambel yang sama dan menjadi grup ogung kecil.

Keempat gung ini memiliki peranannya masing-masing, memainkan oloan tidak bisa asal karena suaranya cukup besar, jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan tenaga.


8. Panggora

alat musik batak - panggora

Panggora dimainkan dengan cara dipukul

Panggora adalah salah satu jenis Ogung yang dimainkan di sana. Bunyi yang dihasilkan cukup keras menggelegar dan bisa mengalahkan suara Ogung lainnya.


9. Sarune Bolon

alat musik batak - sarune bolon

Sarune Bolon dimainkan dengan cara ditiup

Sarune Bolon biasanya terbuat dari logam. alat musik ini memiliki 6 lubang nada di bagian atas tubuhnya. iya juga masih termasuk bagian dari perangkat musik kesenian Gondang Sabangunan

Alat musik tradisional Batak ini dimainkan bersamaan dengan instrumen Taganing dan juga alat musik lainnya. Sarune Bolon juga dimainkan bersama gondrang dan atau ogung pada saat upacara adat.


10. Sarune Etek

alat musik batak - sarune etek

Sarune Etek dimainkan dengan cara ditiup

Sarune bulu adalah alat musik yang terbuat dari satu ruas bambu dan kedua ujungnya berlubang. Panjang dari alat musik ini sekitar 10 – 12 cm dengan diameter sekitar 1 – 2 cm.

Bambu yang terpilih nantinya akan dibuatkan lubang sebanyak 4 buah dengan ukuran yang berbeda.

Pada pangkal ujung, diberikan reeds (lidah) dari bambu yang dicungkil bagian badannya sebagai penghasil suara dari getaran nantinya, reeds juga dimasukkan kedalam batang Sarune.


11. Sulim

alat musik batak - sulim

Sulim dimainkan dengan cara ditiup

Alat musik tradisional Batak ini masih termasuk keluarga flute atau suling. Sulim memiliki panjang berbeda-beda tergantung nada dasar yang diinginkan. Sulim umumnya memiliki 6 lubang nada dengan jarak yang simetris.

Jika dilihat dari nada yang dihasilkannya, Sulim mampu memainkan lagu bernada minor, meskipun lebih cenderung memainkan nada mayor.

Perbedaan antara Sulim dengan Suling adalah suara yang dihasilkan selalu bergetar karena adanya lubang yang sengaja dibuat untuk menghasilkan suara jenis ini.

Diameter lubang tersebut biasanya 1 cm atau malah lebih kecil, lubang tersebut ditutupi dengan membran yang berbahan plastik.


12. Taganing

alat musik batak - taganing

Taganing dimainkan dengan cara dipukul

Taganing adalah salah satu alat musik tradisional yang fungsinya adalah sebagai pembawa melodi dan ritme pada lagu yang dibawakan. Taganing dipukul pada bagian membran menggunakan stik pemukul.

Taganing merupakan sebuah set alat musik yang terdiri dari 5 buah gendang dan digantung dalam sebuah tempat berbentuk rak.

Bentuk dari Taganing mirip dengan Gondang namun ukurannya lebih kecil. Gendang yang paling besar berada di posisi paling kanan. Semakin ke kiri semakin kecil ukurannya, berlaku juga nada yang dihasilkan.

Taganing biasanya dimainkan oleh 1 / 2 pemain. Jika dibandingkan dengan gondang, taganing menghasilkan nada yang lebih melodis. Dalam sebuah permainan musik, Taganing bisa mengambil peran sebagai “dirigen”. Selain itu, taganing juga sangat indah jika dipadukan dengan suara dari sarune.


berbudaya.id

Sumber:

  • ^ Taganing | Wikipedia Indonesia
  • ^ Sulim | Wikipedia Indonesia
  • ^ Gondang sabangunan ensemble music of the Batak Toba people: Musical instruments, structure, and terminology 1
  • ^ [PDF] ANALISIS MUSIK GONDANG BATARA GURU DALAM ACARA PERKAWINAN ADAT SUKU BATAK TOBA DI SINTANG.
  • ^ Batak | Wikipedia Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *