Alat Musik Tradisional Bengkulu

1 min read

alat musik tradisional bengkulu

Alat musik tradisional Bengkulu, terdiri dari:

  1. Dol
  2. Gendang Panjang
  3. Harmonium
  4. Kolintang
  5. Redap
  6. Tassa

Dulunya, terdapat beberapa kerajaan yang berdiri diatas tanah Bengkulu, sehingga cukup banyak peninggalan yang bisa kita pelajari di daerah ini.

Selain dari sejarahnya, Bengkulu juga terkenal dengan kerajinan tradisionalnya, yaitu Batik Besurek.

Daftar Alat Musik Tradisional Bengkulu

Banyaknya suku yang mendiami kawasan Bengkulu membuat keragaman musik semakin indah. Berikut daftar nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya:

1. Dol

alat musik bengkulu - dol

Dol dimainkan dengan cara dipukul

Alat musik tradisional Bengkulu ini memiliki sejarah yang cukup panjang sakra. Dulu, dol merupakan alat musik yang dimainkan pada saat perayaan Tabot, sebuah moment untuk mengenang wafatnya cucu Rasulullahﷺ.

Penabuh yang memainkan dol tidak bisa siapa saja, hanya orang pilihan saja dan biasanya seorang warga Bengkulu yang memiliki darah keturunan India (Sipai).

Dol memiliki 3 teknik dasar, yakni: Suwena, Tamatam dan Suawri. Penggunaannya bebas, tergantung dari keperluannya.

  • Suwena ketika suasana sedang berduka cita.
  • Tamatam ketika suasana sedang riang gembira.
  • Suwari untuk memberikan semangat.

Ritme dari permainan juga mempengaruhi performa dari permainan dol. Dalam sebuah pementasan, ditampilkan pula alat musik lain untuk mengiringi, seperti tassa atau serunai.


2. Gendang Panjang

alat musik bengkulu - gendang panjang

Gendang Panjang dimainkan dengan cara dipukul

Gendang Panjang terbuat dari bahan kayu berukuran panjang dan kulit binatang. Seperti gendang pada umumnya, gendang panjang berbentuk silinder dengan 2 bagian yang dipukul

Gandang panjang dibunyikan menggunakan telapak tangan untuk mengatur ritme dan irama. Teknik pukulan yang dilakukan pemain menentukan bagus atau tidaknya suara yang dihasilkan.

Saat penampilan, gendang panjang biasanya dipadukan dengan alat musik tradisional Bengkulu lain. Kesulitan permainan bertambah ketika kita harus mengetahui lagu yang dibawakan menggunakan teknik berbeda-beda


3. Harmonium

alat musik bengkulu - harmonium

Harmonium dimainkan dengan cara ditekan

Harmonium memiliki berbentuk orgel namun berukuran kecil. Untuk memainkannya, kita cukup cukup menekan tombol, lalu akan menghasilkan suara yang melodis

Biasanya, harmonium dijadikan bagian dari kesenian orkes gambus dan dimainkan bersamaan dengan alat musik lain seperti rebab dan violin.


4. Kolintang

alat musik bengkulu - kelintang

Kolintang dimainkan dengan cara dipukul

Kolintang merupakan alat musik tradisional Bengkulu yang terbuat dari logam. Logam baik yang menghasilkan suara adalah perunggu.

Bentuknya berupa barisan gong-gong kecil yang tersusun rapi dalam sebuah wadah dari Kayu. Kolintang bisa berkolaborasi dengan musik tradisional maupun modern.

Tempat alat musik ini terbuat dari kayu yang kuat tapi ringan, sehingga kita bisa memindahkannya dengan mudah meskipun membutuhkan 2 orang.


5. Redap

alat musik bengkulu - redap

Redap dimainkan dengan cara dipukul

Radap, alat musik tradisional Bengkulu ini terbuat dari bahan seperti gendang yakni kayu, rotan & kulit binatang. Redap berbentuk seperti rebana dan sudah ada cukup lama karena keberadaannya sudah ada sebelum dol.

Redap dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membrannya, alat musik redap digunakan untuk mengiringi acara daerah seperti kesenian Safaral Anam. Nantinya, Redap akan dikolaborasikan dengan permainan dari serunai dan gendang panjang.


6. Tassa

alat musik bengkulu - tassa

Tassa dimainkan dengan cara dipukul

Ada beberapa yang menyebutnya rebana kerincing, tapi nama daerahnya adalah tassa

Alat musik ini berbentuk seperti rebana, lengkap dengan kulit binatang yang menutupi salah satu sisinya. Diberikan corak agar terlihat lebih menarik.


berbudaya.id

Referensi:

  • ^ Adat Alat Musik Redap Bengkulu | Perpustakaan Digital Budaya Indonesia
  • ^ Adat Alat Musik Tradisional Tessa Bengkulu | Perpustakaan Digital Budaya Indonesia
  • ^ Bengkulu | Wikipedia Indonesia
  • ^ Redap dan Kolintang Asli Serawai Bengkulu | YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *