Alat Musik Tradisional Gorontalo

1 min read

alat musik tradisional gorontalo

Alat musik tradisional Gorontalo, terdiri dari:

  1. Gambus
  2. Ganda
  3. Marwas
  4. Polopalo
  5. Wahulo

Sebagian besar daerah di Gorontalo merupakan daerah pegunungan, terbentang dari bagian utara hingga bagian selatan Provinsi.

Terdapat 5 suku besar yang sudah seperti keluarga dan berkembang di Gorontalo, diantaranya Etnis Suwawa dan Etnis Hulonthalo.

Daftar Alat Musik Tradisional Gorontalo

Selain polopalo, masih banyak lagi kesenian lokal yang bisa kita nikmati di sini. Berikut nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya:

1. Gambusi

alat musik gorontalo - gambusi

Gambusi dimainkan dengan cara dipetik

Selain di Gorontalo ada banyak daerah lain yang memiliki alat musik tradisional petik tersebut.

Di Gorontalo, ada seorang pemain permainan musik gambus yang terkenal bernama Risno Ahaya. Alat musik Gorontalo ini masih identik dengan kebudayaan Melayu.

Dalam penampilannya, gambusi biasanya dimainkan bersama dengan alat musik rebana wahulo dan alat musik tradisional dari Gorontalo lainnya.


2. Ganda

alat musik gorontalo - ganda

Ganda dimainkan dengan cara dipukul

Ganda memiliki 2 buah sisi yang tiap sisinya merupakan lapisan membran yang terbuat dari kulit binatang yang dikeringkan.

Biasanya orang mempelajari teknik memainkan ganda dengan cara melihat orang lain bermain. Jika dibandingkan dengan gendang lainnya, ganda memiliki bentuk yang lebih kecil dan bagian tengahnya ramping.


3. Marwas

alat musik gorontalo - marwas

Marwas dimainkan dengan cara dipukul

Marwas, berbentuk bulat dan tiap sisinya terbuat dari kulit binatang, biasanya ternakan. Marwas hanya menghasilkan 2 jenis nada, satu terdengar “pak” dan yang satunya “dung”.

Penampilan musik marwas biasanya berupa kelompok. Masing-masing marwas dimainkan bersama dengan teknik yang berlainan. Di daerah ini penampilan marwas mungkin diiringi dengan gambusi.

Syair lagu yang dibawakan biasanya berupa puji-pujian atau pengingat kita untuk mendekat kepada Tuhan.


4. Polopalo

alat musik gorontalo - polopalo

Polopalo dimainkan dengan cara dipukul

Polopalo terbuat dari bambu pilihan dengan ukuran yang berbeda-beda. Tujuannya memang untuk menciptakan suara yang beragam.

Alat musik tradisional Gorontalo ini dipotong dan dibentuk seperti garpu tala. Bagian yang dipukul disebut dengan lutut.


5. Wahulo

alat musik gorontalo - wahulo

Wahulo dimainkan dengan cara dipukul

Wahulo adalah alat musik Gorontalo yang bentuknya seperti rebana. Wahulo dimainkan menggunakan tangan, bentuknya juga unik berbeda dengan rebana pada umumnya.

Rebana wahulo dibedakan dari bentuk fisiknya yang berbeda dengan rebana biasa. Anyaman yang digunakan terbuat dari rotan, inilah ciri dari wahulo yang paling mudah kita lihat. Bagian bawahnya juga berwarna kayu gelap


berbudaya.id

Referensi:

  • ^Gorontalo | Wikipedia
  • ^Polopalo | Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *