Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat musik tradisional Jawa Timur, terdiri dari:

loading...
  1. Angklung Reog
  2. Bonang
  3. Gamelan
  4. Ketipung
  5. Terompet Reog

Ludruk merupakan salah satu kesenian panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki.

Selain sebagai sarana hiburan, alat musik tradisional dari Jawa timur juga digunakan masyarakat saat acara penting.


Daftar Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Selain angklung reog, masih banyak alat musik yang bisa kita bahas. Berikut nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya

1. Angklung Reog

alat musik jawa timur - angklung reog

Angklung Reog dimainkan dengan cara digoyang

Alat musik yang terbuat dari bambu yang memiliki banyak hiasan. Alat musik Jawa Timur ini sering digunakan untuk mengiringi kesenian Reog Ponorogo, instrumen sengaja dibuat agak melengkung sedikit di bagian atasnya. Meski begitu, bambu tetap ditata dengan rapi dan indah.

loading...

Dulu pada saat zaman Indonesia berupa kerajaan, angklung reog yang disusun adalah pagar bambu yang mengandung jimat dan digunakan untuk mengalahkan musuh, setelah menang para prajurit yang senang memukul-mukul bambu tersebut.

Ciri khas Angklung Reog:

  1. Angklung reog memiliki pegangan pada bagian ujungnya
  2. 1 orang bisa memegang sebanyak 2 buah angklung.
  3. Pada ujung bambu yang kecil, terikat benang berwarna merah dan kuning.
  4. Memiliki suara yang khas, berkesan mistis dan bergetar di raga kita ketika di dengar
  5. Hanya mengeluarkan 2 jenis nada, bunyi “klong” yang besar dan “klung” untuk yang kecil
  6. Beberapa grup musik terkadang membuat angklung dengan 3/2/1 tabung.
  7. Bentuk angklung Reog mirip gapura dan tangga, susunannya dimulai dari yang terpendek hingga yang tertinggi.

Angklung bernada tinggi mengikuti bunyi gong, sedangkan yang rendah mengikuti suara kenong. Ketika kita mempelajari alat musik dari Jawa Timur ini, kita dianjurkan untuk fokus, tenang, teratur dan juga serempak agar terciptanya harmoni yang diinginkan.


2. Bonang

alat musik jawa timur - bonang

Bonang dimainkan dengan cara dipukul

Bonang adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Timur yang masih termasuk pengisi kesenian gamelan, alat musik ini yang dipukul / ditabuh pada bagian yang menonjol menggunakan alat pemukul khusus.

Keunikan bonang adalah ia tersusun dari banyak gong-gong kecil yang terbuat dari logam, banyak orang yang menyebutnya ceret / pot. Gong kecil tersebut disusun pada sebuah bingkai kayu dibentuk sedemikian rupa

loading...
loading...

Beberapa istilah pada alat musik tradisional bonang, yaitu:

  • Rancak: bingkai kayu pada alat musik bonang.
  • Brunjung / Jaleran: baris pertama bonang.
  • Dempok / Setren: baris kedua bonang.

Dalam memainkan bonang, ada 2 macam susunan nada yang dikenal para pemusik gamelan yaitu slendro dan pelog, kurang lebih seperti ini:

Dalam susunan nada slendro
653212
123561
Dalam susunan nada pelog
465217
712564

Meskipun kelihatannya hanya sekedar memukul, memainkan alat musik bonang tidaklah mudah. Diperlukan ketekunan, fokus dalam belajar dan juga rasa ingin tahu seni tinggi.


3. Gamelan

alat musik jawa timur - gamelan

Gamelan dimainkan dengan cara berkelompok (dipukul)

Gamelan adalah ensembel musik tradisional yang sangat terkenal, baik di dalam ataupun di luar negeri. Asal-usul dari kesenian musik gamelan, diawali dengan adanya budaya hindu-budha yang juga merupakan seni daerah pada masa itu.

Gamelan dikenal memiliki 4 macam nada yang dikenal dengan istilah penalaan oleh masyarakat Jawa, yakni: slendro, pelog, madenda (diatonis) dan juga degung. Diatonis seperti skala minor asli, banyak dipakai pada musik modern di benua Eropa.

Di era modern seperti sekarang, gamelan sedikit sulit ditemukan. Namun, jika kita berjalan-jalan ke desa-desa di pulau Jawa, biasanya gamelan masih digunakan saat acara tertentu seperti nikahan, syukuran, ataupun sekedar acara kecil, gamelan biasanya mudah ditemukan di Pulau Jawa.


4. Ketipung

alat musik jawa timur - ketipung

Ketipung dimainkan dengan cara dipukul

Ketipung alat musik Jawa timur yang bentuknya menyerupai gendang, hanya saja ia memiliki ukuran yang lebih kecil. Ketipung terbuat dari kayu yang kemudian dilubangi sekitar 20 cm ~ 40 cm tergantung keinginan pembuatnya.

Nama alat musik ini memang mirip dengan “ketapang” yang merupakan nama tanaman. Beberapa juga menganggap ketipung hanyalah nama lain dari gendang dangdut, anggapan ini sering terdengar karena memang sering digunakan untuk mengiringi lagu dangdut.


5. Terompet Reog

alat musik jawa timur - terompet reog

Terompet Reog dimainkan dengan cara ditiup

Terompet Reog merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa timur yang digunakan untuk mengiringi kesenian Reog di daerah Ponorogo. Terompet ini terbuat dari kayu / bambu dan tempurung kelapa.

Lubang yang terdapat pada terompet berfungsi sebagai pengatur nada, lalu 1 lubang yang ada di ujung terompet adalah tempat pemain meniup terompet. Bentuk dan hiasan yang ada pada terompet seperti kepala naga untuk menggambarkan seni dari terompet.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^ Terompet Reog
  • ^ Angklung Reog

Leave a Comment

loading...