Alat Musik Tradisional Maluku Utara

1 min read

alat musik tradisional maluku utara

Alat musik tradisional Maluku Utara, terdiri dari:

  1. Bambu Hitada
  2. Cikir
  3. Leku Boko

Maluku Utara mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berlibur, dengan hutan asri yang sekaligus menjadi taman nasional dan suaka alam dari berbagai ekosistem, cocok untuk menghilangkan penat.

Ada banyak sekali suku yang menempati provinsi ini, mulai dari suku maba, suku buli, suku patani, suku weda, suku sawai dan lainnya.

Daftar Alat Musik Tradisional Maluku Utara

Karena berdekatan, beberapa alat musik dari daerah lain juga bisa masuk ke Maluku Utara. Berikut nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya:

1. Bambu Hitada

alat musik maluku utara - bambu hitada

Bambu Hitada dimainkan dengan cara dihentak

Kesenian ini dimainkan secara berkelompok dan bersama dengan dengan alat musik Maluku Utara lainnya. Bambu Hitada cukup terkenal terutama bagi masyarakat Halmahera. Bambu hitada juga sering ditampilkan dalam berbagai macam acara.

Musik bambu hitada diyakini berawal dari kebiasaan masyarakat pada zaman dulu yang hidup berdampingan dengan alam. Bertahan hidup membuat mereka menjadi kreatif dan salah satu cabang seninya adalah musik bambu hitada ini.

Bagi masyarakat di Halmahera, musik bambu hitada dulunya tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja namun juga sarana komunikasi. Namun, itu hanyalah kebiasaan masyarakat dulu.

Fungsi dari masing-masing alat musik yang ada di kesenian ini berbeda-beda. Untuk alat musik bambunya sendiri dimainkan dengan cara dihentakkan ke tanah secara bergantian.


2. Cikir

alat musik maluku utara - kicir

Cikir dimainkan dengan cara digoyang

Cikir adalah alat musik tradisional Maluku Utara terbuat dari kayu dan ujungnya berbentuk bulatan berisi biji-bijian, ada yang membuatnya dari kelapa, bisa juda membuatnya dari buah lain.

Biasanya, biji digunakan adalah kacang hijau kering. Cikir, biasanya digunakan untuk sebagai pengiring pada pertunjukan bambu hitada.

Seringnya, cikir hanya digunakan untuk musik pelengkap saja, tapi karena sangat mudah dimainkan, terkadang pemainnya juga suka iseng dan membuat ramai suasana.


3. Leku Boko

alat musik maluku utara - leku boko

Leku Boko dimainkan dengan cara dipetik

Alat musik tradisional Maluku Utara, leku boko memiliki nama lain juk. Leku boko memiliki dawai yang berjumlah 4 buah.

Leku boko berfungsi sebagai musik pengiring pada penampilan bambu hitada, tapi terkadang alat musik ini juga dimainkan secara individu untuk hiburan.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^ Alat musik dari kayu khas halmahera maluku utara | Perpustakaan Digital Budaya Indonesia
  • ^ Ethnic groups, North Maluku | Wikipedia

One Reply to “Alat Musik Tradisional Maluku Utara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *