Alat Musik Tradisional Maluku

1 min read

alat musik tradisional maluku

Alat musik tradisional Maluku, terdiri dari:

  1. Arababu
  2. Floit
  3. Idiokordo
  4. Rumba
  5. Tahuri
  6. Tifa Totobuang
  7. Ukulele

Orang Maluku biasanya memiliki kelebihan untuk bernyanyi. Terbukti cukup banyak nama besar seperti Broery Pesulima, Masnait Group, Yopie Latul, dan Ruth Sahanaya.

Sebagian masyarakat yang tinggal di sana merupakan warga asli yang lahir dan besar di sana. Ambon atau Ambong adalah istilah sekaligus ibu kota dari Maluku.

Daftar Alat Musik Tradisional Maluku

Gong Perdamaian Dunia, sebuah penghargaan yang hanya bisa kita lihat di Ambon City Center. Berikut nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya.

1. Arababu

alat musik maluku - arababu

Arababu dimainkan dengan cara digesek

Nama dan bentuknya sama dengan Rebab, tetapi arababu dimainkan dengan menggunakan alat gesek dan hanya memiliki 1 buah senar.

Arababu terbuat dari kayu, namun bagian yang menjadi pegangan terbuat dari Bambu. Alat musik ini sudah ada sejak zaman dulu dan penyebarannya dipengaruhi penyebaran agama Islam di Maluku.


2. Floit

alat musik maluku - floit

Floit dimainkan dengan cara ditiup

Suling Melintang atau Floit adalah alat musik tradisional Maluku yang digunakan sebagau musik pengiring tarian tradisional. Floit biasanya dimainkan lebih dari 3 orang dan dijadikan 1 kelompok.

Floit terbuat dari bambu, lalu salah satu ujungnya diberi penyekat dan bagian atasnya dilubangi untuk memainkan nada.

Alat musik tradisional dari Maluku ini juga sering tampil saat penyambutan tamu hingga acara adat. Dalam penampilannya, floit berkolaborasi dengan instrumen tradisional Maluku lainnya.


3. Idiokordo

alat musik maluku - idiokordo

Idiokordo dimainkan dengan cara dipetik

Idiokordo berbentuk seperti siter dan terbuat dari kaya. Di bagian tengah terbentang senar / dawai dari ujung bawah hingga ujung atasnya.

Alat musik Maluku ini umumnya digunakan saat acara adat setempat. Alat musik ini juga dikenal saat penampilan Tetabuhan.


4. Rumba

alat musik maluku - rumba

Rumba dimainkan dengan cara digoyang

Rumba merupakan alat musik Maluku yang bentuk dan cara memainkannya mirip Marakas. Alat musik ini termasuk keluarga musik perkusi. Suara yang dihasilkan juga pasti sudah bisa ditebak.

Rumba memiliki kesamaan dengan alat musik dari Cuba, dan mungkin alat musik ini datang bersamaan dengan masuknya Spanyol ke Indonesia dulu. Bagian ujungnya bulat, berisi pasir atau batu kerikil.

Alat musik ini biasanya berperan sebagai pengiring lagu sambil berdansa. Alat musik ini juga bisa dimainkan bersama ukulele.


5. Tahuri

Tahuri dimainkan dengan cara ditiup

Alat musik tradisional Maluku ini mirip seperti triton dari Papua dan biasanya ditemukan di daerah pesisir pantai. Tahuri / Korno merupakan instrumen yang terbuat dari cangkang kerang kosong.

Semakin kecil ukurannya, maka suara yang dihasilkan semakin melengking. Sebaliknya, jika ukurannya besar maka suaranya juga seperti bass, tegas dan rendah.

Sebelum bisa dimainkan, kerang harus dilubangi terlebih dulu dan kemudian ditiup berulang kali agar mendapatkan nada yang diinginkan.

Tahuri juga digunakan sebagai sarana komunikasi antar masyarakat. Tiap tiupannya juga mengisyaratkan hal berbeda. Tarian Cakalele adalah salah satu tarian tradisional yang menggunakan tahuri sebagai salah satu pengiringnya.


6. Tifa Totobuang

alat musik maluku - tifa totobuang

Tifa Totobuang dimainkan dengan cara dipukul

Tifa totobuang memiliki ukuran lebih besar dari tifa biasa, totobuang ditabuh menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu sedangkan tifa lain biasanya menggunakan tangan.

Kolaborasi antara Tifa & totobuang inilah yang membuatnya dikenal dengan tifa totobuang. Saat ini kita bisa menyaksikan penampilannya ketika ada pawainya di jalanan.


7. Jukulele

Jukulele dimainkan dengan cara dipukul

Ukulele mungkin lebih dikenal di kalangan para penggemar musik keroncong. Di Indonesia, ukulele bisa ditemukan hampir di tiap daerah selain Maluku.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^29 Oktober 2016, Diperingati Sebagai Hari Musik Ambon
  • ^Industri musik kota Ambon dipromosikan ke dunia internasional

One Reply to “Alat Musik Tradisional Maluku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *