loading...

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Alat musik tradisional Papua Barat, terdiri dari:

  1. Guoto
  2. Krombi
  3. Triton
  4. Yi

Tahukah kalian pada kisaran tahun 2010, di Provinsi ini telah ditemukan Gua yang diyakini sebagai salah satu Gua terdalam di dunia?.

loading...

Gua Esa’ala adalah namanya, ia menjadi inspirasi serta lokasi pengambilan gambar film “Sanctum”.

Daftar Alat Musik Tradisional Papua Barat

Selain Mutiara dan rumput lain dari Raja Ampat. Papua Barat juga memiliki ragam kesenian lokal, berikut nama alat musik beserta penjelasannya.

1. Guoto

Guoto dimainkan dengan cara dipetik

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipetik. Sebagian besar dari tubuh Guoto terbuat dari kayu dengan tambahan senar.

Guoto memiliki senar yang terbentang dari ujung ke ujungnya. Permainan musi ini menjadi daya tarik orang yang datang ke tanah Papua.


2. Krombi

alat musik papua barat - krombi

Krombi dimainkan dengan cara dipukul

Alat musik krombi terbuat dari bambu. Krombi adalah salah satu alat musik tradisional Papua Barat yang ikut digunakan untuk mengiringi tarian, terutama saat acara adat masyarakat Papua.

Alat musik krombi biasanya dimainkan dengan menggunakan kayu, lalu diketuk-ketuk pada bambu untuk menghasilkan suara.


3. Triton

alat musik papua barat - triton

Triton dimainkan dengan cara ditiup

Triton memang merupakan nama sebuah wilayah (teluk lebih tepatnya) yang katanya memiliki keindahan hayati yang bisa jadi destinasi wisata alternatif selain Raja Ampat.

Triton dimainkan dengan cara ditiup pada ujung lubangnya. Alat musik tradisional triton terdapat hampir di tiap daerah di pesisir pantai, terutama di distrik Yapen, Biak, Waropen, Nabire dan Wondama.

Alat musik ini pada awalnya digunakan untuk sarana komunikasi atau pemberi tanda. Triton juga digunakan sebagai media hiburan dan melengkapi penampilan musik tradisional.


4. Yi

alat musik papua barat - yi

Terakhir, Yi adalah alat musik tradisional Papua Barat yang terbuat dari kayu berongga. Dulu, Yi digunakan masyarakat untuk memanggil penduduk untuk berkumpul.

Pada saat memanggil penduduk, Yi digunakan oleh ketua atau yang dituakan penduduk setempat yang hendak memberikan informasi ke masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, Yi mulai dikenal masyarakat dan sering ditampilkan pada pentas kesenian.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^ Dansa Adat Papua Barat | YouTube
  • ^ Papua Barat | Wikipedia Indonesia

1 thought on “Alat Musik Tradisional Papua Barat”

Leave a Comment