Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

1 min read

alat musik tradisional sulawesi barat

Alat musik tradisional Sulawesi Barat, terdiri dari:

  1. Calong
  2. Gongga Lima
  3. Kecapi Mandar
  4. Pakkeke
  5. Talindo / Tolindo

Dulu, wilayah Sulawesi Barat terbagi menjadi 7 wilayah pemerintahan, era itu Sulawesi Barat disebut sebagai Afdeling Mandar.

Namun, kedatangan penjajah tidak menghilangkan jati diri masyarakat dan hingga sekarang, tradisi serta kesenian lokal turun temurun masih dikenal.

Daftar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Berikut daftar alat musik tradisional Sulawesi Barat, beserta gambar & penjelasannya:

1. Calong

alat musik sulawesi barat - calong

Calong dimainkan dengan cara dipukul

Calong merupakan jenis alat musik tradisional yang tergolong jenis alat musik perkusi.

Alat musik calong terbuat dari kelapa dan bambu pilihan. Calong bisa dimainkan solo, namun berkembangnya waktu alat musik ini mulai bisa digunakan bersama dengan alat musik lain.

Coba lihat permainannya di momen Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat Pertama pada tahun 2007 lalu.


2. Gongga Lima

alat musik sulawesi barat - gongga lima

Gongga Lima dimainkan dengan cara dipukul

Gongga lawe atau gongga lima termasuk dalam keluarga instrumen musik idiophone. Gongga lima yang bisa kita temukan di wilayah Balanipa mirip dengan alat musik Parappasa atau lea lea.

Biasanya alat musik ini dimainkan oleh petani dan juga kontes. Ukurannya panjang dan digunakan dengan 2 tangan.


3. Kecapi Mandar

alat musik sulawesi barat - kecapi mandar

Kecapi Mandar dimainkan dengan cara dipetik

Kecapi mandar memiliki nama berbeda tergantung dari pemainnya. Jika dimainkan perempuan maka dikenal dengan pakkacaping towaine. Sedangkan jika laki-laki disebut pakkacaping tommuane.

Kecapi mandar sudah jarang bisa kita jumpai dan biasanya digunakan untuk menghibur diri sendiri dan juga untuk mengisi acara daerah.

Bentuk kecapi yang dimainkan perempuan sedikit berbeda, bentuk kecapi yang dimainkan perempuan lebih melengkung. Dalam permainannya, pemain duduk lalu kecapi didekatkan ke dada.


4. Pakkeke

alat musik sulawesi barat - pakkeke

Pakkeke dimainkan dengan cara ditiup

Pakkeke, alat musik tradisional Sulawesi Barat yang lebih dikenal dengan nama keke dari Mandar yang terkenal karena keunikannya, baik dari bentuk ataupun bunyi yang dihasilkan.

Pakkeke terbuat dari bambu berukurannya kecil. Pada bagian ujungnya terdapat daun kelapa kering yang dililitkan, fungsinya untuk mengatur bunyi yang keluar.

Biasanya Pakkeke dimainkan petani saat menunggu ladang atau sawah dan mengurangi rasa bosan dengan bermain alat musik itu.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya Pakkeke bisa ikut ambil bagian dalam permainan seni pertunjukan yang dikolaborasikan dengan alat musik tradisional lainnya.


5. Tolindo

alat musik sulawesi barat - talindo

Tolindo dimainkan dengan cara dipetik

Alat musik tradisional Sulawesi Barat ini terbuat dari bahan kayu, tempurung kelapa dan juga senar karena fungsi ini digunakan untuk bagian resonatornya.

Talindo akrab dengan masyarakat terutama saat panen tiba. Di daerah lain seperti di Sulawesi Tengah, talindo memiliki panggilan lain, yaitu Popondi.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^ Sulawesi Barat | Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *