Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

alat musik tradisional sulawesi utara

Advertisement

Alat musik tradisional Sulawesi Utara, terdiri dari:

  1. Arababu
  2. Kolintang
  3. Oli
  4. Salude
  5. Sasesahang

Alat musik tradisional Sulawesi Utara hanyalah satu dari banyaknya contoh alat musik tradisional yang bisa kita pelajari

Dan, setiap daerah di Nusantara, selalu menyimpan keragaman seni musik dan budaya yang patutnya kita jaga bersama

Daftar Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Selain sebagai tempat pariwisata air yang terkenal, berikut daftar nama alat musik beserta gambar dan penjelasannya

1. Arababu

alat musik sulawesi utara - arababu

Arababu dimainkan dengan cara digesek

Alat musik Sulawesi Utara ini berbentuk dan dimainkan seperti rebab lainnya. Arababu masuk dan berkembang di Maluku bersamaan dengan pedagang Arab yang datang dan menetap di Indonesia, seiring berjalannya waktu Rebab juga berevolusi dan modifikasi hingga akhirnya dikenal dengan Arababu.

Arababu dimainkan dengan cara digesek, ia menghasilkan melodis meski hanya memiliki 1 senar saja. Arababu memiliki batang pegangan yang terbuat dari bambu dan tempurung kelapa yang berfungsi sebagai tempat resonansi suara.

Arababu tak kalah merdu dibanding Rebab asli, namun ukurannya memang lebih kecil. Busur penggesek arababu juga bersenar 1 (seperti busur panah).

Alat musik Sulawesi Utara ini juga biasanya dimainkan bersama dengan alat musik daerah Maluku, seperti tifa dan gong. Suara yang dihasilkan arababu bernuansa Melayu dan cocok untuk membawa musik Timur.


2. Kolintang

alat musik sulawesi utara - kolintang

Kolintang dimainkan dengan cara dipukul

Kolintang merupakan salah alat musik tradisional yang mungkin hingga sekarang penggunaannya masih bisa kita temui meskipun hanya pada acara adat tertentu. Di Indonesia, kolintang lebih dikenal sebagai alat musik perkusi.

Advertisement

Di sana, kolintang diyakini berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Dalam pembuatannya, kolintang dibuat menggunakan kayu yang ringan namun strukturnya kuat & keras seperti kayu Cempaka atau Waru.


3. Oli

alat musik sulawesi utara - oli

Oli dimainkan dengan cara ditiup

Seperti salude, alat musik Sulawesi Utara ini berbahan dasar bambu. Oli, dimainkan dengan cara ditiup dan rongga mulut pemain yang berfungsi sebagai resonatornya, tentu nafas harus kuat.

Alat musik Oli juga banyak ditemukan dalam kebudayaan masyarakat Melayu, meskipun namanya mungkin sudah berbeda. Saat ini, oli sudah menjadi salah satu alat musik yang dilindungi dan diupayakan agar generasi setelah kita bisa mengenalinya

Salah satu acara adat yang menggunakan alat musik oli adalah budaya syukur Tulude di daerah Sangihe yang tiap tahun diselenggarakan. Acara tersebut merupakan bentuk ucapan rasa syukur atas nikmat Tuhan.

Advertisement

Selain di acara tersebut, oli juga digunakan pada pagelaran musik di daerah-daerah bersama dengan alat musik daerah lain seperti bansi, salude, arababu, dan sasesahang.


4. Salude

alat musik sulawesi utara - salude

Salude dimainkan dengan cara dipetik

Salude, alat musik tradisional Sulawesi Utara yang terbuat dari bambu. Bentuknya mirip dengan gitar, memiliki dawai dan masih termasuk kategori alat musik idiokordofon.

Salude dilengkapi dengan 2 buah dawai yang terbuat dari kulit ari bambu. Pada bagian tengah bambu dilubangi sebagai resonator.

Untuk memainkan salude, awalnya harus dengan mempelajari teknik memetik dengan menggunakan pelepah pinang.


5. Sasesahang

alat musik sulawesi utara - sasesahang

Sasesahang dimainkan dengan cara dipukul

Sasesahang adalah alat musik tradisional Sulawesi Utara yang terbuat dari bambu, bambu yang digunakan dibelah dan tepinya sedikit meruncing seperti paruh burung.


berbudaya.id

Useful Link:

Referensi:

  • ^ Sasesahang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *