Cara Memainkan Gitar

2 min read

cara memainkan gitar

Bagaimana cara memainkan alat musik gitar?

Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada dawai yang terbentang di tubuhnya, seperti yang ada pada sitar.

Biasanya, di kalangan anak muda, pemain gitar terkesan keren dan jadi spesial di mata mereka.

Entah kenapa, alat musik modern ini diidam-idamkan oleh generasi muda. Padahal ada banyak alat musik tradisional di Indonesia.

Alat musik gitar dipetik dengan menggunakan jari tangan atau alat bantu (pik) layaknya memainkan harpa, bedanya gitar bisa dipangku / digendong.

Untuk dapat memainkan gitar, pemain harus mengenal kunci dasar dan nantinya juga mempelajari teknik fingering dan tapping, bagi yang sudah expert.


Permainan Alat Musik Gitar

Alat musik gitar adalah sebuah jenis alat musik yang cara dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari-jari maupun menggunakan alat plektrum (pik).

Gitar sering digunakan di berbagai keadaan, baik itu di dunia pendidikan, hiburan, hingga konser musik.

Alat musik petik ini juga mampu mengiringi berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, metal, jazz hingga classic tergantung dari keahlian pemainnya.

Salah satu kesulitan yang paling umum adalah tidak menekan frets dengan benar, jadi suaranya seakan tertahan. Belum lagi jika jari yang menyentuh senar lain, suaranya makin campur aduk.


Jenis Alat Musik Gitar

Alat musik gitar berupa tubuh pokok dengan bagian leher yang panjang sebagai tempat untuk senar yang berjumlah enam senar.

Apa saja jenis gitar yang dikenal di Indonesia? berikut penjelasannya:

1. Gitar Klasik

Gitar klasik atau yang sering dipanggil gitar biasa, memiliki rongga udara dan terbagi menjadi 2 bagian.

Neck gitar cenderung besar dan lebar, senarnya terbuat dari bahan nilon, jumlah fret (kolom gitar) yang bisa dijangkau jari tangan yang berjumlah 12.

Gitar inilah yang biasanya dimainkan untuk permainan melodi musik, karakter suara yang dihasilkan lebih “tebal” dibanding gitar akustik.

2. Gitar Akustik

Biasanya, ciri khas yang membedakan antara gitar klasik dan akustik adalah leher yang lebih ramping dibandingkan dengan gitar klasik.

Senar yang digunakan biasanya berbahan string, jumlah kolom gitar yang bisa dijangkau oleh jari lebih banyak, bisa mencapai hingga 15 fret.

Gitar akustik biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu pop modern, baik menggunakan melodi maupun rhythm.

3. Gitar Elektrik

Gitar elektrik berbeda dengan gitar klasik dan akustik. Dari fisiknya, gitar elektrik memiliki kualitas bahan body lebih baik, dan terbuat dari kayu solid yang tidak berongga.

Senar yang digunakan adalah jenis string, jumlah kolom gitar yang bisa dijangkau jari tangan bisa mencapai 24 fret.

Karena penggunanya elektrik biasanya sudah ahli, untuk memudahkan permainan pik adalah alat bantu untuk menghasilkan suara petikan lebih halus.

Selain itu, gitar elektrik juga biasanya dibantu dengan ampli untuk menghasilkan suara yang lebih besar.


Tips Memainkan Gitar

Gitar, pada dasarnya terbuat dari kayu yang bagus, Senar-senar gitar yang dilapisi dengan tembaga akan bergetar untuk menghasilkan nada, tapi kenapa ketika kita yang mainkan suaranya aneh? karena kita pemula.

Berikut beberapa tips bermain gitar yang mungkin saja baik untuk kalian:

1. Pegang gitar dengan benar

Sebelum bisa memainkannya seperti Jimi Hendrix, pastikan kalian sudah memegang alat musik gitar dengan benar, pegang yang kuat agar gitar tak banyak gerak.

Mainkanlah gitar dengan posisi tangan di atas lubang suara, gunakan tangan dominan kalian, baik itu tangan kanan atau kiri.

2. Setting gitar kalian

Pastikan juga kalau stem atau settingan gitar kalian sudah benar. Biasanya kunci dasar untuk mengetes itu C, Bm, D dan A.

Karena zaman sudah canggih, sekarang kalian juga bisa menggunakan aplikasi lewat smartphone kalian untuk menyetem gitar.

3. Perhatikan penempatan jari

Saat kalian siap bermain, tantangan kalian sebenarnya adalah untuk memainkan kunci dasar. Tekan, tekan dan tekan terus hingga suara yang dihasilkan bersih.

Gitar memang kurang direkomendasikan untuk kalian yang tidak suka rasa sakit. Seringkali pemain harus kapalan dulu sebelum jarinya terbiasa menekan senar.

4. Berlatih dengan serius

Ada orang yang berlatih 1 bulan sudah lancar memainkan lagu, ada yang 1 bulan baru kenal kunci, mungkin tingkat keseriusan mereka berbeda.

Lain dengan bakat, keahlian yang lahir dengan berlatih terasa lebih menyenangkan. Tapi jangan memaksakan diri juga ya.


Begitulah cara memainkan alat musik gitar, semoga bermanfaat!

berbudaya.id

Cara Memainkan Angklung

Egan
2 min read

Cara Memainkan Aramba

Egan
1 min read

Cara Memainkan Arumba

Egan
1 min read

One Reply to “Cara Memainkan Gitar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *