Cara Memainkan Lesung

1 min read

cara memainkan lesung

Bagaimana cara memainkan alat musik lesung?

Lesung adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul / ditumbuk pada bagian dalam lesung yang berupa cekungan.

Lesung berbentuk sebuah bongkahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa dengan rongga di bagian tengah yang nantinya menjadi tempat untuk ditumbuk.

Sebelum digunakan sebagai alat musik tradisional, lesung digunakan sebagai alat penumbuk padi / gabah.

Alat musik lesung dipukul / ditumbuk dengan menggunakan alat pukul ke bagian dalam dari Lesung yang biasanya diisi dengan padi.

Lesung yang sudah jadi nantinya akan dimasukkan gabah, kemudian kita menumbuknya dengan Alu berulang-ulang hingga beras terpisah dari sekam.


Sejarah Singkat Alat Musik Lesung

Sejak lama, lesung digunakan untuk mengolah beras yang umumnya digunakan kaum wanita. Karenakan dulunya wanita yang biasanya melakukan kegiatan mengolah gabah tersebut sementara pria bekerja di sawah.

Karena menumbuk di lesung kadang membosankan, mereka berinisiatif untuk menggunakan lesung menjadi musik mereka. Pola tumbukan yang bersahut-sahutan menghasilkan suara yang unik.

Selain menghasilkan suara yang unik, menggunakan pola yang bergantian juga mencegah terjadinya benturan antar Alu, karena sebuah lesung bisa digunakan 4 s.d. 6 orang sekaligus.

Dulu, proses pengolahan dilakukan sebelum matahari terbit. Setelah selesai ditumbuk, proses selanjutnya adalah ditampi / ditampeni menggunakan alat yang terbuat dari bambu untuk memisahkan.


Permainan Lesung

Lesung, terbuat dari kayu yang kemudian dipahat hingga berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter dan lebar setengah meter.

Kedalaman bagian yang ditumbuk di lesung tergantung dari keinginan pembuatnya. Ada yang membuatnya 40 ~ 45 cm ada juga yang hanya 30 cm.

Lesung bisa dijumpai di daerah pinggiran kota, terutama di daerah Sirnarasa. Sebelum mempelajari, kenali dulu fungsi dari lesung dan suara yang dihasilkan tiap tumbukannya.

Saat ini, penggunaan lesung juga sudah mulai berkurang karena sudah ada alat yang lebih modern untuk pengolahan.


Begitulah cara memainkan alat musik lesung, semoga bermanfaat!

berbudaya.id

Referensi:

  • ^ Gejog Lesung Yogyakarta

Cara Memainkan Angklung

Egan
2 min read

Cara Memainkan Aramba

Egan
1 min read

Cara Memainkan Arumba

Egan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *