Cara Memainkan Sampe

1 min read

cara memainkan sampe

Bagaimana cara memainkan alat musik sampe?

Sampe adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada dawai yang terbentang di tubuh sampe, seperti yang ada pada gitar.

Ada sekitar 5 s.d. 7 suku asli Kalimantan dan salah satu kebudayaannya adalah alat musik tradisional Sampe ini

Apa sebenarnya Dayak itu? Dayak adalah sebutan yang diberikan oleh para penjajah kepada penghuni asli pedalaman pulau Borneo yang menghuni pulau Kalimantan.

Alat musik sampe dipetik dengan menggunakan tangan kosong. Sampe merupakan salah satu alat musik yang diyakini berasal dari suku Dayak.

Sampe memiliki motif berupa gambaran dari daerah asal pembuatnya. Bentuk sampe mirip dengan gitar, tetapi bagian tubuhnya yang lebih besar dibanding lehernya


Permainan Alat Musik Sampe

Sampe juga biasa digunakan pemain untuk mengungkapkan perasaan mereka. Terkadang, perasaan cinta, kecewa, sedih, senang, riang dan semangat bisa diekspresikan melalui alat musik, dan sampe adalah salah satunya.

Dawai yang dipetik akan bergetar dan menghasilkan suara yang kita dengar. Beberapa orang mengenalnya dengan nama lain, seperti: Sampe’ (Sampek), Sape’ (Sapek), Sempe dan lainnya.

Waktu untuk memainkan sampe juga memiliki makna tertentu, saat dimainkan di waktu siang hari biasanya berirama yang bernuansa ceria, rasa suka cita, sedangkan saat malam hari alat musik ini dimainkan dengan nuansanya yang sedih dan lembut.


Perbedaan Gitar dan Sampe

Cara memainkan sampe dan gitar sama, yaitu dipetik. Perbedaan terlihat dari segi fisik, suara yang dihasilkan dan kunci yang dimainkan.

Gitar memiliki 6 buah senar yang masing-masing mengeluarkan suara yang berbeda dan ketebalan yang juga berbeda, sedangkan sampe memiliki 3 buah senar.

Senar yang ada pada sampe terbuat dari bahan serat pohon enau dan bagian ujung gagangnya diukir, bisa berupa taring atau kepala burung enggang.


Pembuatan Sampe

Pembuatan sampe, membutuhkan waktu lama dan bahan pilihan. Kayu yang digunakan adalah jenis kayu pilihan, seperti kayu adau, tabalok, pelantan, marang, dan kayu dari bangsa meranti lainnya.

Itupun tak menutup kemungkinan adanya bahan tambahan lainnya. Berikut gambaran singkat proses pembuatan alat musik sampe:

  1. Kayu dipotong kapak dan dikeringkan dengan cara dijemur.
  2. Selanjutnya, kayu dilubangi memanjang.
  3. Selesai, sampe mulai diukir sesuai keinginan pembuatnya.
  4. Selanjutnya gagang dibuat dengan ukuran sekepalan tangan orang dewasa.
  5. Bagian ujung dari sampe dilubangi untuk tempat pengatur senar.
  6. Senar dipasang dan mulai dilakukan testing.

Saat ini, senar yang digunakan pada sampe terbuat dari dari kawat tipis. Bunyinya keras & nyaring, sedangkan dulu dawai pada sampe terbuat dari serat pohon enau pilihan.

Setelah dirasa cukup dengan sampe yang telah dibuat, fase pembuatannya dianggap telah selesai.

Selanjutnya adalah tahapan untuk menggambar lukisan / ukiran yang berupa lukisan khas dan memberikan ukiran seperti hewan atau taring.


Begitulah cara memainkan alat musik sampe, semoga bermanfaat!

berbudaya.id

Referensi:

  • ^ Suku Dayak
  • ^ Sampe

Cara Memainkan Angklung

Egan
2 min read

Cara Memainkan Aramba

Egan
1 min read

Cara Memainkan Arumba

Egan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *