loading...

Cara Memainkan Serunai

Bagaimana cara memainkan alat musik serunai?

Serunai adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup pada lubang yang terdapat di salah satu ujung bagiannya .

Serunai bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Tetapi, serunai memiliki panggilan / nama berbeda tiap daerahnya.

loading...

Kemungkinan sebelum kedatangannya ke Indonesia, Serunai dikenal dengan nama shehnai, alat musik yang berasal dari daerah India Utara.

Alat musik serunai ditiup menggunakan mulut langsung dan membutuhkan teknik pernafasan yang baik untuk memainkannya.

Seiring berjalannya waktu, serunai mulai dikenal masyarakat terutama daerah Sumatera Barat, dan kemudian dibawa para imigran ke seluruh daerah di Indonesia.


Bentuk Alat Musik Serunai

Serunai atau puput serunai adalah alat musik tradisional yang bentuknya mirip suling. Serunai memiliki panjang sekitar 10 ~ 12 cm dan pada salah satu ujungnya seperti terompet.

Instrumen ini biasanya memiliki motif yang berbeda-beda, ada yang seluruhnya berwarna hitam dan motifnya berwarna terang. Serunai memiliki lubang yang berfungsi sebagai tempat keluarnya suara dan untuk mengatur irama.

Alat musik serunai juga dimainkan pada berbagai acara, mulai dari pawai, pentas seni, pertunjukan musik bahkan sekadar sarana hiburan pribadi.

Serunai bukan satu-satunya alat musik tiup yang dimainkan. Jika dimainkan secara solo, tak semua orang menyukai suaranya.


Teknik Permainan Serunai

Teknik yang digunakan untuk memainkan serunai hampir sama dengan suling, kita mengatur suara / nada dengan cara menutup lubang yang ada di bagian atas serunai. Selain menutup lubang, mengatur nafas juga sangat mempengaruhi permainan.

Jika dimainkan bersama-sama, serunai dimainkan bersama dengan alat musik seperti talempong, gendang dan alat musik tradisional Minang lainnya. Di negara tetangga, Malaysia, Serunai dikenal sebagai alat musik pengiring silat.


Pembuatan Alat Musik Serunai

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian, yaitu bagian lubang peniup, bahan yang dibutuhkan, dan berapa jumlah & besar lubang yang harus dibuat.

Menurut situs ManafMansor91 (ada di bagian referensi), serunai terbuat dari beberapa bahan seperti batang padi, kayu / buluh, tanduk hewan dan/atau daun kelapa.

  • Kayu yang digunakan panjangnya sekitar 20 cm dan diberi 4 lubang dengan jarak 2,5cm
  • Bagian yang ditiup pada alat musik serunai terbuat dari bambu talang atau batang padi yang sudah tua.
  • Bagian yang ditiup disambung dengan penyambung yang panjangnya 5 cm dan terbuat dari bahan kayu yang keras.

Penyambung kemudian dilubangi untuk saluran udara, berhubungan dengan poros badan dan poros yang ada pada corong.

Di bagian belakang serunai terdapat bagian penyambung juga yang bentuknya corong, diameternya kurang dari 2 cm


Begitulah cara memainkan alat musik serunai, semoga bermanfaat!

berbudaya.id

Referensi:

  • ^ Cara Membuat Serunai, manafmansor91

Leave a Comment