Cara Memainkan Sitar

1 min read

cara memainkan sitar

Bagaimana cara memainkan alat musik sitar?

Sitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai yang terbentang di tubuh alat musik.

Sitar adalah alat musik yang diyakini berasal dari daerah asia selatan dan sering digunakan untuk musik klasik Hindustan (India) dan sebagai pengiring tarian di Negara tersebut.

Bentuk sitar seperti rebab dari daerah Timur Tengah. Sitar setidaknya memiliki 7 buah senar yang terbentang dari ujung leher ke bagian tengah badannya.

Berbeda dengan gitar, sitar memerlukan posisi tubuh yang nyaman ketika dimainkan. Selain itu, kunci yang digunakan pada sitar juga berbeda.

Alat musik sitar dipetik dengan menggunakan jari tangan seperti permainan gitar dengan atau tanpa bantuan alat petik.

Di negara asalnya, sitar dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti tabla, sarod, dan juga tambura.

Sitar, telah digunakan sejak lama dalam seni-seni musik bernuansa klasik Hindustan sejak Zaman pertengahan. Instrumen ini dipercaya merupakan turunan dari instrumen Veena.


Permainan Alat Musik Sitar

Sitar berhasil dipopulerkan beberapa orang ternama seperti artis Ravi Shankar. Suara sitar berasal dari resonansi senar dan labu ruang resonansi.

Sitar memiliki tubuh yang lebih kecil dan bulat, tetapi ukuran lehernya lebih panjang dari gitar.

Sitar bukanlah jenis alat musik yang baru, alat musik ini telah ada sejak lama dan kemungkinan keberadaannya ini berasal dari penduduk Timur Tengah yang hijrah ke India.

Sitar, biasanya terbuat dari kayu jati, mahoni / tun, labu, logam dan tulang. Untuk lebih lengkap tentang historikal dari Sitar, kalian bisa membacanya di Wikipedia atau di British Museum (ada di bagian paling bawah).


Teknik Menggunakan Sitar

Untuk memainkan Sitar, pemain mengambil sikap duduk, seperti saat memainkan Gitar. Posisi duduk dan memegang disesuaikan dengan tubuh pemain, tak semua orang memiliki ukuran tangan & jari yang sama.

Ukurannya sitar yang besar dan panjang membuat pemainnya terkadang menyulitkan pemain yang memiliki tangan berukuran kecil / pendek.. Sitar bisa dimainkan solo atau menjadi musik tambahan pada sebuah grup.

Di beberapa negara, instrumen ini sudah mengalami modifikasi agar sesuai dengan selera masyarakat, seperti di Persia yang dikenal dengan setar yang berarti tiga senar


Pembuatan Sitar

Pembuatan sebuah sitar yang berkualitas bagus membutuhkan proses yang sangat kompleks. Mulai dari bentuk leher, ruang utama sitar yang halus, hingga pemilihan bahan yang berasal dari kombinasi kayu mahoni dan jati.

Keahlian membuat sitar dan memilih bahan yang baik, biasanya telah diwariskan turun temurun dari para pembuat alat musik sitar yang sudah handal.

Seorang pembuat juga tentunya memperhatikan hasil suara dari dawai, penampilan dan bahkan panjang leher yang tidak terlalu berlebihan, meskipun ukurannya panjang.


Begitulah cara memainkan alat musik sitar, semoga bermanfaat!

berbudaya.id

Referensi:

  • ^ Ravi Shankar’s sitar: bringing India to the world
  • ^ India Alat Musik Sitar

Cara Memainkan Angklung

Egan
2 min read

Cara Memainkan Aramba

Egan
1 min read

Cara Memainkan Arumba

Egan
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *