Pengertian Musik Country

Pengertian Musik Country – Genre Musik Country adalah salah satu Genre yang sudah populer di dunia, terutama di Amerika Serikat. Penyanyi-penyanyi dam Group Country pun banyak yang bermunculan. Billboard juga telah menyediakan tangga lagu Country untuk musisi-musisi Country di dunia.

Tetapi apakah kalian tau pengertian musik Country? Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian musik Country beserta ciri, sejarah, dan tokohnya. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Musik Country

pengertian musik country

Musik Country merupakan campuran unsur unsur musik Amerika, Country juga merupakan salah satu Genre musik yang populer di dunia. Genre musik ini sendiri awalnya berasal dari wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan di daerah pegunungan Appalachia.

Teknik penyanyian dari Musik Country ini adalah dengan suara halus dan melengking. Biasanya musik Country ini dimainkan dengan alat musik Gitar, Banjo, dan Ukulele.

 

Ciri-Ciri Musik Country

Musik Country mempunyai ciri-ciri dan karakteristik yang khas dibandingkan jenis dan macam genre musik yang lainnya. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Genre musik ini biasanya berisi balada dan lagu tarian yang cukup sederhana. Biasanya Country diiringi oleh petikan beberapa instrumen, seperti Banjo, Gitar Akustik, Biola atau Harmonika. Jenis musik ini berkaitan erat dengan musik Western.
  • Dalam teknik improvisasi, lagu-lagu Country lebih kebanyakan menggunakan improvisasi nada pentatonic dan mayor.
  • Musik Country lebih banyak menggunakan tangga nada mayor dalam lagu-lagunya, sebab tangga nada mayor lebih mencerminkan kegembiraan sesuai dengan lirik-lirik yang terdapat pada lagu-lagu Country.
  • Menggunakan Alternasi Bass atau Bass berganti di sela-sela strumming.

 

Sejarah Musik Country

Penyebaran musik Country ini terjadi pada abad ke-19, dimulai oleh kelompok imigran Amerika Serikat yang berasal dari Eropa. Musik Country pun juga memang diidentitaskan dengan Cowboy. Musik ini lahir pada rekaman permainan Biola Country John Carson yang berjudul “Little Log Cabin in the Lane”.

Musik Country ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara dengan dicampuri musik Kelt, Musik Gospel dan berkembang mulai pada tahun 1920-an. Genre musik ini sendiri telah berkembang dari musik Gospel dan musik lagu rakyat Amerika.

Musik Country juga terinspirasi dari awal perkembangan genre musik lain seperti Blues dan Folk. Istilah nama Musik Country pun telah digunakan mulai pada tahun 1940-an. Musik Country Modern muncul dibawah pengaruh Jimmie Rodregers dan Carter Family pada tahun 1927.

Musik Country mulai digunakan untuk menggantikan istilah musik Hillibilly yang terkesan merendahkan. Di tahun 1970, istilah Musik Country pun telah menjadi istilah populer, adapun istilah lain untuk musik ini adalah Country and Western. Musik Country pun mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1980-an.

 

Perkembangan Musik Country Di Indonesia

Pada era 80-an, Musik Country banyak mempengaruhi musisi-musisi Indonesia seperti Iwan Fals, dan Ebiet G. Ade. Di Indonesia, musik Country kontemporer mulai dipopulerkan oleh Tantowi Yahya pada pertengahan 2000-an. Pada Januari 2003 Tantowi membuat Country Music Club of Indonesia.

 

Tokoh-Tokoh Musik Country

  • Willie Hugh Nelson

Lahir pada 30 April 1933, asal Abbot, Texas, Amerika Serikat. Willie mendapatkan puncak kepopulerannya pada tahun 1970-an.

  • Taylor Alison Swift

Lahir pada 13 Desember 1989, asal Amerika. Swift merupakan salah satu dalam Best Selling Music Artists of All Time. Ia menjual lebih dari 40 juta album.

  • Kane Brown

Lahir pada 21 0ktober 1993, asal Amerika Serikat. Album pertamanya pada 2 Desember 2016 yaitu “Kane Brown”.

  • Chris Stapleton

Lahir pada 15 April 1978, asal Amerika. Pada tahun 2015, Stapleton mengeluarkan Debut Studio Album Traveller, yang masuk pada peringkat pertama dalam US Billboard 200 dan juga bersertifikat Double Platinum oleh Recording Industry Association of Amerika (RIAA).

  • Sam Lowry Hunt

Lahir pada 8 Desember 1984, asal Amerika Serikat. Beberapa penghargaannya yaitu American Music Award, CMT Music Award, dan juga nominasinya di Billboard Music Awards and Grammy Awards.

  • Thomas Rhett

Lahir pada 30 Maret 1990, asal Amerika Serikat. Rhett sudah mengeluarkan 3 studio album untuk Big Machine Records Valory Music Imprint: It Goes Like This, Tangled Up, and Life Changes. Album dan 12 Singlenya pun masuk dalam Hot Country and Country Airplay.

  • Virgiawan Listianto (Iwan Fals)

Lahir pada 3 September 1961, asal Jakarta. Pada tahun 2002 Iwan Fals masuk ke dalam majalah Times dan dikenal dengan Great Asian Hero. Ia menerima “Satyalancana”, yang merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah oleh Jiro Wacik, departemen Pariwisata dan Kebudayaan.

  • Abid Ghoffar Aboe Dja’far (Ebiet G. Ade)

Lahir pada 21 April 1954, asal Wanadadi. Lagu-lagunya bertemakan  alam dan duka derita kelompok tersisih.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Musik Country beserta ciri-ciri, sejarah, dan tokohnya. Semoga bermanfaat.

(berbudaya.id)

Leave a Comment